• Berita Terbaru

    January 23, 2020

    elnusanews/com , January 23, 2020

    Kadisnakertrans Sulut Meluruskan Soal Temuan Komisi IV DPRD Saat Melakukan Kunker

    Foto : Kadisnakertrans Sulut, Erny Tumundo
    SULUT,Elnusanews -- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Erny Tumundo meluruskan soal adanya temuan dari Komisi IV DPRD Sulut mengenai lemahnya pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA) oleh Disnaker Bolmong dan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja sosial keagamaan yang belum merata.

    Baca juga : Kunker Ke Disnaker Bolmong, Komisi IV Dapati Lemahnya Pengawasan Kepada TKA dan Belum Meratanya BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Sosial Keagamaan

    Menurut Tumundo, hal ini perlu diluruskan karena sepengetahuannya Kabupaten Bolaang Mongondow (BOLMONG) sudah sebagian besar tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja sosial keagamaan meski ada wilayah tertentu yang belum tercover.

    "Untuk pekerja sosial keagamaan yang merupakan program inovasi dari Gubernur Sulut sampai hari ini sudah melindungi kurang lebih 76.000, dimana data-data kepesertaan dari Bolmong Raya semua lengkap dari GMIBM,Islam, Budha, Hindu dan lengkap dengan nama dan alamat (By Name By Address), dimana semua resmi dan sudah di tandatangani oleh pimpinan agama di daerah masing-masing," jelas Tumundo saat dikonfirmasi oleh wartawan, Kamis (23/01/2020) sore.

    Lebih lanjut, Tumundo juga menjelaskan dari kepesertaan tersebut, Kabupaten BMR semua sudah terjangkau meskipun mungkin masih ada data-data yang harus diperbaharui. Tapi melihat dari jumlah saja, sebagaimana diungkapkan tadi cukup banyak dimana untuk Bolmong sendiri untuk muslim saja sudah hampir 400 yang dicover.

    "Terkait dengan agama lain di BMR untuk GMIBM itu sudah tercover cukup banyak.Dan di daerah Bolmong sendiri itu sudah hampir 2000 an untuk tahun 2018 yang dicover. Jadi kalaupun ada informasi bahwa di Bolmong itu tidak tahu program ini, sedangkan tim kami sendiri sudah sering turun ke daerah itu, ada yang kami kumpulkan bersama, dan ada yang memang datang khusus. Seperti untuk muslim, kami sosialisasi di muslim, kemudian ada pula yang kami sosialisasikan di gereja," paparnya.

    Bahkan dikatakannya pula sudah beberapa kali pihak BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan santunan kematian kepada ahli waris dalam berbagai kesempatan.

    "Jadi saya kira informasi itu mungkin perlu diluruskan lagi, karena saya juga ingin klarifikasi dan koordinasi dengan Ketenagakerjaan Bolmong, cuman sampai tadi dihubungi tidak terkonfirmasi," tandasnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kadisnakertrans Sulut Meluruskan Soal Temuan Komisi IV DPRD Saat Melakukan Kunker Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top