• Berita Terbaru

    March 02, 2018

    Elnusanews March 02, 2018

    RAWUNG Belanja Tanpa Kantong Plastik


    BITUNG,Elnusanews - Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung usai kegiatan Ibadah Pagi mengunjungi pasar tradisional yang bertempat di Kelurahan Winenet Kecamatan Aertembaga, Jumat (2/3/2018) pagi.

    Ada yang menarik saat Rawung selesai melakukan transaksi jual beli dengan salah satu penjual barito. Ketika disodorkan plastik kresek Rawung dengan senyuman menolak tawaran tersebut sembari mengeluarkan tas daur ulang yang sudah dipersiapkan beliau sebelumnya.

    Saat ditanya,  Rawung menjelaskan dengan ramah kepada penjual tersebut bahwa Pemerintah Kota Bitung bersama TP-PKK Kota Bitung telah mencanangkan gerakan "Diet Kantong Plastik" yang bertujuan untuk mengurangi tumpukan sampah plastik. 

    "Plastik memang musuh lingkungan yang belum banyak diketahui orang. Kalaupun tahu, kebanyakan memilih untuk tidak peduli atau pura-pura tidak tahu. Wajar saja, kantong plastik yang selalu diberi gratis saat berbelanja memang menawarkan kepraktisan untuk membawa bawang belanjaan. di balik kemudahan itu, plastik menyimpan bahaya yang menyeramkan. Bahan-bahan plastik kebanyakan mengandung racun yang tak hanya merusak tanah, tapi juga organ tubuh manusia,"jelas Rawung.

    Tambahnya mengatakan bahwa ketika dibuang, kantong plastik ini butuh waktu ratusan tahun agar bisa diurai tanah. Selama waktu yang panjang itu plastik akan mencemari tanah.

    "Dengan membawa tas belanja sendiri selain dapat mengurangi penumpukan sampah plastik yang ada juga sebagai sarana sosialisasi untuk mengajak masyarakat Selamatkan Yaki,"tutur Duta Yaki tersebut sembari memperlihatkan logo Selamatkan Yaki yang ada ditas belanjanya.

    Rawung juga terlihat aktif menyuarakan hal yang sama kepada penjual lain tentang pentingnya diet tas plastik serta berpesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka berjualan. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: RAWUNG Belanja Tanpa Kantong Plastik Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top