• Berita Terbaru

    January 09, 2020

    elnusanews/com , January 09, 2020

    Ditangan OD-SK, Nilai Tukar Usaha Pertanian Capai 100 Persen


    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Disnak) Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Novly Wowiling menyatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) berhasil mendongkrak  nilai tukar usaha pertanian (NTUP) hingga mencapai 100 persen.

    Pernyataan tersebut Kadistanak Daerah Sulut sampaikan kepada elnusanews.com, Kamis (9/1/2020.
    Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Disnak) Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Novly Wowiling.
    Lanjutnya ini merupakan keberhasilan pemerintah OD-SK di sektor pertanian dalam rangka mengoptimalkan program ODSK demi terwujudkan Sulut semakin Hebat di sektor pertanian.

    "Pemerintah OD-SK mampu mengantar Sulawesi Utara keadaan pertanian lebih baik. Indikatornya ada pada nilai tukar usaha pertanian (NTUP). Dibeberapa komoditas itu sebut saja peternakan, tanaman pangan, jagung dan padi sawah serta holtikultura itu nilai tukar usaha pertanian tersebut secara prosentasenya mencapai diatas 100 persen," bebernya.

    Sembari menyebutkan, artinya NTUP itu nilai tukar usaha pertanian biaya yang dikeluarkan berupa biaya produksi masih lebih tinggi pendapatan yang diterima oleh petani dan ini belum termasuk pengeluaran lainnya.

    "Jadi nilai tukar usaha pertanian (NTUP) secara keseluruhan 104,11 persen posisi bulan desember 2019. Untuk tanaman holtikultura mencapai 104,11 persen sedangkan tanaman pangan mencapai 108,90 persen, bidang peternakan mencapai 124,71 persen. Mudah-mudahan tahun 2020 berjalan ini harus lebih ditingkatkan NTUP tersebut dengan strategi-strategi program yang kita jalankan dan saat ini sementara dalam persiapan konsolidasi internal. Rapat-rapat sementara berlangsung sampai pada pemahaman yang sama tetapi juga dalam pemahaman itu terbangun komitmen secara internal baru digeser ke petani-petani melalui pembinaan dan kunjungan langaung ke lapangan,' tuturnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ditangan OD-SK, Nilai Tukar Usaha Pertanian Capai 100 Persen Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top