• Berita Terbaru

    March 15, 2018

    Elnusanews March 15, 2018

    Pangemanan Buka Sosialisasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah


    BITUNG,Elnusanews -Sekretaris Kota Bitung Dr.Audy Pangemanan membuka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah yang bertempat di Hotel Sutan Raja (Minahasa Utara), Kamis (15/3/2018).

    Dalam sambutannya Pangemanan memberi apresiasi kepada jajaran bagian organisasi Setda Kota Bitung selaku pelaksana Acara Sosialisasi ini bagi jajaran Pemerintah Kota Bitung.

    "Dalam rangka meningkatkan Efektifitas Pererapan Sakip,dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja,"kata Pangemanan

    Lanjutnya seiring dinamika penyelenggaraan pemerintahan organisasi pemerintah saat ini tidak bisa lagi hanya berfokus pada seberapa besar Anggaran yang di serap.

    "Artinya penggunaan alokasi anggaran serta pelaksanaan tupoksi Pemerintah daerah harus sepenuhnya untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan rakyat,"tambahnya.

    Dengan demikian manfaat optimal dapat di peroleh masyarakat sebagai akibat dari penggunaan anggaran.

    "Demi untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan penerapan sistem akuntabilitas kinerja yang baik,dimulai dari tahap perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program kerja pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,"cetusnya.

    Oleh karenanya terkait pegelolahan anggaran, Menteri keuangan ibu Sri Mulyani dalam Rakornas pelaksaan anggaran beberapa waktu lalu, mengingatkan bahwa kita punya satu tujuan untuk memakmurkan rakyat.

    "Yang harus di rencanakan dan dieksekusi dengan baik, kalau kita tidak dapat membelanjakan uang negara dengan baik dan benar, berarti kita tidak menghormati uang yang kita kumpulkan dalam bentuk pajak dari rakyat yang harus kembali untuk rakyat,"jelasnya.

    Seraya menambahkan selaku pemerintah mari kita ikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik agar pemahaman petunjuk teknis penyusunan penjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara Review atas laporan kerja instansi pemerintah berdasarkan peraturan menteri pendayagunaan aparatus negara dan reformasi birokrasi semakin mengarahkan kita dalam menerapkan sistem akuntabilitas kinerja yang lebih baik.

    "Yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi penguatan Sakip dan tercapainya program reformasi birokrasi,"tandas Pangemanan. (Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pangemanan Buka Sosialisasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top