• Berita Terbaru

    March 31, 2023

    elnusanews/com March 31, 2023

    Bupati JG Sukses Resmikan 4 Lokasi Jaringan Irigasi


    MINUT, Elnusanews-- Kepedulian Bupati Joune JE Ganda SE, MAP, MM, MSi, dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung SH, MH (JGKWL) terhadap peningkatan kesejahteraan para petani di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), terus diperlihatkan. Kali ini lewat diresmikannya jaringan irigasi guna menunjang pemenuhan kebutuhan air para petani.

    Menariknya, bukan hanya di satu lokasi, namun di 4 lokasi sekaligus. “Jadi hari ini saya menandatangani empat buah prasasti jaringan irigasi yang tersebar di empat wilayah yakni di Talawaan, Maumbi, Laikit serta Karegesan,” kata Bupati JG ditemui usai peresmian jaringan irigasi di Kiniar Maumbi.

    Dikatakannya lagi, dengan dibangunnya jaringan irigasi ini dapat meningkatkan perekonomian dan penghasilan masyarakat khususnya di bidang pertanian serta dapat menunjang fasilitas dasar sektor pertanian.


    “Lahan-lahan yang tadinya kesulitan mendapat pasokan atau suplai air, boleh terairi sehingga produktivitas pun boleh meningkat,” ujar salah satu kepala daerah berprestasi ini.

    Di satu sisi, ia juga meminta masyarakat boleh menjaga serta merawat fasilitas yang telah disiapkan ini minimal tidak membiarkan tumpukan sampah di area saluran irigasi.

    “Hal ini penting agar efektivitas dan produktivitas yang dirasakan para petani tetap maksimal. Dengan kata lain, tingkat kesejahteraan akan terus terjaga,” tutupnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Minut, Noldy R Kilapong, menyebutkan pembangunan jaringan irigasi di 4 titik tersebut menggunakan DAK dan DAU tahun  anggaran 2022.


    Rehabilitasi jaringan irigasi Kiniar Maumbi Rp495.837.000 (DAU).

    Rehabilitasi jaringan irigasi Sawangan Karegesan Rp499.517.571 (DAK).

    Rehabilitasi Jaringan irigasi Laikit Rp669.663.004 (DAK).

    Peningkatan Jaringan irigasi Mapeperah, di desa Talawaan Rp497.411.000 (DAU).

    “Ini merupakan bukatinya nyata keepdulian Pak Bupati dan wakil Bupati kepada masyarakat khususnya para petani. Maka dari itu, kita akan bangun secara bertahap dengan melihat skala prioritas di setiap wilayah,” tutur Kilapong. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati JG Sukses Resmikan 4 Lokasi Jaringan Irigasi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top