• Berita Terbaru

    March 14, 2023

    elnusanews/com March 14, 2023

    Optimalkan Program CSWL, Dispar Tomohon Paparkan Program Kegiatan 2023




    TOMOHON,Elnusanews - Pariwisata menjadi Primadona dalam mewujudkan Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon "Menuju Kota Pariwisata Dunia".

    Hal ini disampaikan oleh Kadispar Kota Tomohon Yudistira Siwu melalui Kabid Pemasaran, Jufry Rorong dihadapan awak media dalam konfrensi pers yang dilaksanakan oleh Bagian Prokopim Setdakot Tomohon, Senin (13/3/2023).

    Rorong mengatakan dalam rangka mengoptimalkan program CSWL di sektor pariwisata, dinas pariwisata Kota Tomohon memiliki tiga bidang yakni, Bidang kemitraan kegiatannya meliputi:
    1. Expo innovation Ekraf 27-28 Maret 23
    2. Pelatihan Dekorator Tri Wulan II
    3. Pelatihan excellent service buat pekerja pada industri Pariwisata 29-30 Maret
    4. Pendampingan dan pendaftaran pembuatan Sni CHSE Tri Wulan III.
    5. Monitoring dan Evaluasi ke hotel2 dan rumah makan Akhir Tahun Nov 23. Sedangkan Bidang Destinasi dengan kegiatan yakni sosialisasi pemilik homestay, dan bantuan bagi pemilik homestay. Dan untuk Bidang Pemasaran meluputi kegiatan :

    1.Pemilihan Putra Putri Tomohon (12-15 April 2023)  
    Tema "Collaboration of Spektakuler Tomohon"

    2.TIFF 2023 (8-12 Agustus 2023) Launching TIFF 2023 (25 Maret 2023)
    Tema TIFF 2023 " Walking Togerher, Rising Together"

    3.Pemilihan Nyong Noni Sulut (September 2023)

    4.Festival Hari Basar (Desember 2023) begitu juga dengan rencana pelaksanaan festival musik.

    Lanjutnya adapun gambaran umum Persiapan Pelaksanaan Putra Putri Tomohon sampai saat ini sementara pendaftaran sampai tanggal 16 Maret 2023.

    "Saat ini yang mendaftar baru 6 putra dan 3 Putri. Karena itu kami sangat mengharapkan utusan dari masing masing perangkat daerah untuk segera mendaftarkan perwakilannya," ucap Rorong.

    Selanjutnya, kata Rorong, pihak Dispar saat ini sementara membawa undangan ke setiap perguruan tinggi dan SMU yang ada di Kota Tomohon untuk mengutus perwakilannya di PPT 2023.

    Terkait Persiapan  pelaksanaan TiFF 2023, Rorong menyebutkan bahwa kegiatan akan di awali dengan pelantikan panitia pendukung dan launching pada tanggal 25 Maret nanti.

    "Sedangkan Tof dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 12 Agustus 2023. Ini menanggapi usulan dari stakeholder Pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan," bebernya.

    Sisi lain, Rorong mengatakan terkait Promosi Destinasi baru Pengamatan Burung endemik Sulawesi yang ada di sekitar hutan dan gunung mahawu yakni Sulawesi Pitta dan Scaly Breast King Fisher. Dan juga pengaman ulang langkah seperti Green Viper dan King Cobra Sulawesi.

    Adapun target Dispar Kota Tomohon tahun 2023 sesuai target PAD mencapai Rp. 2,5 M.

    "Mudah-mudahan dari target yang diberikan oleh pemerintahan CSWL ini bisa tercapai. Jadi, kami butuh dukungan seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Kota Tomohon termasuk para awak media untuk mensosialisasikan setiap program CSWL di sektor pariwisata," tandasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Optimalkan Program CSWL, Dispar Tomohon Paparkan Program Kegiatan 2023 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top