• Berita Terbaru

    March 21, 2023

    elnusanews/com , March 21, 2023

    Visi CSWL Semakin Terwujud Jadikan Kota Tomohon Wisata Dunia, Kakaskasen Dua Lolos ADW 2023



     

    TOMOHON,Elnusanews - Bukti kerja keras Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut (CSWL) dalam membangun sektor pariwisata di Kota Tomohon telah membuahkan hasil yang luar biasa.

    Pasalnya, Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon berhasil lolos sebagai Desa Wisata dalam event Anugrah Desa Wisata (ADWI) 2023.

    Kelurahan Kakaskasen Dua sendiri mewakaili Kota Tomohon setelah berhasil lolos seleksi ketat dari 4573 Desa Wisata se-Indonesia. Kemudian berhasil lolos dari seleksi 500 besar kemudian berlanjut di 300 besar.

    Saat ini Desa Wisata Kakaskasen Dua sudah masuk pada 75 besar.

    Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kemenparekraf.

    “Tak hanya berlomba, ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Kadis Pariwisata Daerah Kota Tomohon Judistira Siwu, kepada elnusanews.com, Selasa (21/3/2023).

    Lanjut Yudi sapaan akrabnya menyebutkan satu lagi prestasi pemerintahan CS-WL dalam bidang Pariwisata yaitu dengan berhasilnya Kampung Wisata Kakaskasen Dua masuk dalam Top 75 Anugerah Desa Wisata 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    "Anugerah Desa Wisata telah dilaksanakan dari 2021 dan dihasilkan melalui proses kurasi dengan tujuan menggerakkan ekonomi melalui sektor pariwisata dari desa dan
    membuka lapangan pekerjaan serta mewujudkan pariwisata berkelas dunia," tuturnya.

    Ada lima Kategori penilaian meliputi :

    1. Daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian: alam dan buatan - seni dan budaya)
    2. Suvenir (kuliner-kriya-fashion)
    3. Homestay dan toilet
    4. Digital dan kreatif
    5. Kelembagaan dan desa wisata CSHE

    Diketabui Anugerah Desa Wisata 2023 diikuti 7.275 desa/kampung wisata dari seluruh pelosok indonesia.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Visi CSWL Semakin Terwujud Jadikan Kota Tomohon Wisata Dunia, Kakaskasen Dua Lolos ADW 2023 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top