• Berita Terbaru

    March 14, 2023

    elnusanews/com March 14, 2023

    Karnavian Serahkan Penghargaan UHC Award 2023 Kepada Pj Bupati Tamuntuan

     


    Sangihe, Elnusanews- Diawal tahun ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali mendapat penghargaan tingkat nasional, kali ini penghargaan  tersebut pada bidang kesehatan yaitu penghargaan Universal Health Converege (UHC) Award 2023.

    Penghargaan sendiri di terima  Pj  Bupati.dr. Rinny Tamuntuan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Pol. (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian di Balai Sudirman Jakarta. Selasa (14/3/2023).

    Selain Kabupaten Kepulauan Sangihe, terdapat 22 Provinsi  dan 334 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menerima penghargaan UHC. Dimana Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan salah satu dari 13 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara yang menerima penghargaan ini.

    UHC Award adalah penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mewujudkan implementasi JKN-KIS di wilayah dengan cakupan kepesertaan mencapai lebih dari 95% dari total penduduk.

    Dalam laporan Direktur Utama BPJS Prof.dr.Ali Ghufron Mukti mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden beserta jajaran yang telah mendukung upaya tercapainya predikat UHC melalui berbagai kebijakan yang telah diterbitkan,salah satunya adalah melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022, baik Kepada Kementerian, Lembaga maupun kepada pemerintah daerah.

    "Dengan diterbitkannya Inpres tersebut kolaborasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan program JKN terus mengalir, baik melalui terbitnya regulasi turunan dari Inpres tersebut maupun dengan semakin bertambahnya pemerintah daerah yang mencapai predikat UHC," ujarnya.

    Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya, ada 4 poin penting yakni:

    Pertama, pemerintah daerah agar mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS kesehatan,antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia dan warga terlantar.

    Kedua, memastikan seluruh pemberi kerja diwayahnya untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga sebagai peserta tanpa terkecuali,serta mendorong para pekerja,penduduk secara finansial untuk mendaftarkan dirinya dan kelaurganya dalam program JKN.

    Ketiga, mendorong upaya peningkatan mutu layanan dengan menyediakan fasilitas kesehatan. 

    Dan yang keempat, BPJ kesehatan agar terus meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta program JKN harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. tutup Wakil Presiden.

    Sementara itu Pj Bupati.dr Rinny Tamuntuan mengucapkan terima kasih kepada BPJS kesehatan yang selama ini selalu hadir memberikan kemudahan dan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan perlindungan layanan kesehatan.

    "Dengan target UHC yakni 98% untuk seluruh Indonesia di 2024, maka pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe siap sedia mendukung dan bersinergi untuk pencapaian tersebut."kata Tamuntuan.

    Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada pemerintah daerah turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Prof.Dr. Muhadjir Effendy,M.A.P, Menteri Dalam Negari Jenderal Pol (Purn) Prof.Drs.H.Muhammad Tito Karnavial,M.A.,Ph.D, Direktur Utama BPJS Kesehatan Pusat.Prof.dr.Ali Ghufron Mukti,M.sc.,Ph.D, AAK, Gubernur, Bupati,Walikota penerima penghargaan UHC beserta tamu kehormatan lainnnya.



    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Karnavian Serahkan Penghargaan UHC Award 2023 Kepada Pj Bupati Tamuntuan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top