• Berita Terbaru

    March 05, 2023

    elnusanews/com March 05, 2023

    Warga Tabut Desak Aktifkan Jalur Layar Petta


    Sangihe, Elnusanews- Jalur Layar Perintis untuk Pelabuhan Petta yang dalam beberapa waktu terakhir tak beroperasi, kini didesak untuk segera diaktifkan kembali sebagai salah satu pelabuhan singgah Kapal Perintis dari dan ke wilayah kepulauan. 

    Warga Tabukan Utara (Tabut) dan beberapa warga pulau kepada sejumlah awak media menyatakan kecewa terhadap terhentinya jalur pelayaran Perintis yang biasanya menyinggahi Pelabuhan Petta.

    Menurut warga, jalur Perintis yang singgah di Pelabuhan Petta beberapa waktu lalu dirasa sangat membantu karena sebagian warga pulau melakukan aktivitas jual beli barang dan mengunjungi keluarga melalui wilayah Petta.

    "Kami minta pemerintah dan unsur - unsur yang berwenang lainnya untuk mengaktifkan kembali jalur pelayaran melalui Pelabuhan Petta, pulau Lipang dan Matutuang tersebut," Pinta warga yang sering menggunakan jasa Kapal Perintis  dari Petta ke sejumlah wilayah Kepulauan.

    Terkait permintaan warga, Kepala KUPP Klas II Tahuna, Hopreit Balirangen merespon baik hal tersebut. Ketika dihubungi via WA oleh wartawan elnusanews, Minggu (5/3/2023).

    Dirinya mengakui jika dalam beberapa minggu terakhir jalur layar Petta tidak lagi beroperasi.

    "Hal tersebut diakibatkan karena Kapal Sabuk Nusantara (Sanus) 95 saat ini masih dalam Proses Doking. Karena mengalami kerusakan saat masuk pelabuhan Petta, maka kapal langsung masuk Doking tahunan" Jelas Balirangen. 

    Dirinya menambahkan, permintaan warga untuk mengaktifkan kembali jalur Petta tersebut, dalam waktu dekat bisa segera ditindaklanjuti."Pertengahan bulan ini Kapal sudah bisa beroperasi kembali dan secara otomatis Pelabuhan Petta juga bisa diaktifkan kembali" Ujar Balirangen memastikan.




    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Tabut Desak Aktifkan Jalur Layar Petta Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top