• Berita Terbaru

    March 28, 2023

    elnusanews/com March 28, 2023

    Launching Hanggar Pemilahan Sampah, Maurits Harap Bisa Jadi Tujuan Wisata


    BITUNG, Elnusanews - Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri,MM melaunching Hanggar Pemilahan Sampah dan Landfill Baru di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Aertembaga II, Kecamatan Aertembaga, Selasa (28/3/2023).

    "Atas nama pemerintah Kota Bitung kami menyampaikan terimakasih kepada pak Komang Raka bersama jajaran yang sudah melakukan hal yang baik khususnya dalam pengelolaan sampah di Kota Bitung," katanya.

    Lebih jauh ia mengatakan, bahwa pembangunan hanggar dan pemilahan sampah dan Landfill ini merupakan pertama di Sulawesi Utara yang dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulut.

    "Kita harus bangga sebab ini yang pertama di Sulawesi Utara, yah mudah-mudahan lokasi ini jadi tempat tujuan wisata,"sambungnya.

    Dirinya pun berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung agar memanfaatkan tempat ini dengan baik.  "DLH sebagai Dinas yang bertanggung jawab harus memanfaatkan ini dengan baik,"harapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung, Merianty Dumbela melaporkan singkat kegiatan

    Launching Hanggar Pemilihan Sampah dan Landfill Baru, ia mengatakan untuk lokasi TPA saat ini luasnya 7 hektare. 3 hektare untuk pertinja, 1 hektare lokasi landfill.

    "Jadi hampir semua lokasi sudah terpakai. Kedepan jika ada perluasan, yang dapat memungkinkan hanya di bagian utara," kata Dumbela.

    Jadi kata Kadis, pihaknya juga saat ini sementara melakukan budidaya maggot yang pengelolanya langsung diawasi oleh Dinas Lingkungan Hidup. Dan kedepan budidaya maggot ini akan dilakukan di semua kelurahan. Dan bagi masyarakat yang ingin belajar bisa langsung ke lokasi TPA Aertembaga.

    "Kita akan buat disemua kelurahan untuk budidaya maggot ini. Untuk masyarakat yang ingin belajar bisa langsung ke TPA Aertembaga,"tutur Kadis.

    Terpantau turut hadir dalam kegiatan Launching Hanggar Pemilahan Sampah dan Landfill Baru TPA Aertembaga yakni, Kadis DLH, Merianty Dumbela, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulut, Ir. Komang Raka, Kepala Satker Pelaksana Prasarana Permukiman Provinsi Sulut, Adji Krisbandono, ST, MSc, KTU Halid Saleh, ST, PPK Sanitasi, Yansen Legi, ST. Camat Aertembaga dan Lurah Aertembaga II. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Launching Hanggar Pemilahan Sampah, Maurits Harap Bisa Jadi Tujuan Wisata Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top