• Berita Terbaru

    March 28, 2023

    elnusanews/com March 28, 2023

    Walikota Bitung Buka Musrembang, Ini Arahannya


    BITUNG,Elnusanews - Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri,MM dan Wakilnya Hengky Honandar,SE membuka kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) SKPD Tahun 2024 di Ruang S.H. Sarundajang Kantor Walikota Bitung, Selasa (28/3/2023).

    Penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula di pertanggung jawabkan.

    Lewat Laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs. Sifri Mandak, M.Si, MAP disampaikan bahwa Prioritas Pembagunan Daerah Kota Bitung tahun 2024 didasarkan pada Visi Misi Kota Bitung.


    Dalam Sambutanya Wali Kota Bitung menyampaikan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bitung Tahun 2024 adalah penjabaran dari RPJMD Kota Bitung tahun 2021-2026, dimana merupakan tahun terakhir dari kepemimpinan kami. 

    Musrenbang RKPD Kota Bitung Tahun 2024 mengambil tema “ Optimalisasi Pelayanan Dasar Publik yang Didukung Dengan Digitalisasi dan Ketahanan Ekonomi Daerah Melalui Pengembangan Industri Serta Suksesnya Pelaksanaan Pemilu” Dengan sembilan prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan tahun 2024 yaitu:

    Pertama percepatan transformasi digital dalam pelayanan dasar publik untuk mewujudkan Kota Btung sebagai kota digital, kedua Pemenuhan ekonomi daerah dan reformasi sosial akibat Pandemi Covid - 19, ketiga Peningkatan Kualitas SDM melalui bidang pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan, keempat Peningkatan kualitas infrastruktur dasar, ketahanan pangan, pariwisata serta ekonomi kerakyatan yang berbasis digital. Kelima Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, keenam Peningkatan industri dan daya saing usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi.

    Ketujuh Pengelolaan sumber daya alam lingkungan hidup dan penanggulangan Bencana. Kedelapan Peningkatan solidaritas dan peran tokoh agama untuk menjaga harmonisasi kerukunan yang telah terbina sangat baik dan yang kesembilan Penguatan stabilitas Trantibmas dan pelayanan Publik

    Wali kota Bitung juga menyampaikan musrenbang ini perannya sangat strategis dalam rangka mempertajam dan mensinergikan berbagai rencana program pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2024 dan berharap kepada kita yang terlibat dalam proses musrenbang ini kiranya dapat memberikan masukan guna penyempurnaan rancangan RKPD Kota Bitung di Tahun 2024.

    Dalam kegiatan ini juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan Madidir yang telah memfasilitasi sehingga masyarakat bisa menghibahkan sebidang tanah untuk Fasilitas Pelayanan publik serta kepada Kelurahan Pintu kota yang telah melaksanakan musyawarah sepakat 2 tahun berturut-turut.

    Hadir dalam kegiatan, Unsur Forkopimda Kota Bitung  Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ny. Rita Mantiri - Tangkudung ; anggota DPRD kota bitung, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ir. Ign. Rudy Theno, ST, MT, Ketua DWP Kota Bitung, Ny. Nurjaya Theno Munarwin ; Jajaran Pemerintah Kota Bitung ; Staf Khusus dan TP3 Sepakat yang membidangi. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Bitung Buka Musrembang, Ini Arahannya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top