• Berita Terbaru

    May 01, 2018

    Elnusa News May 01, 2018

    Luntungan Buka Kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya Di Desa Sawangan

    MINUT, Elnusanew -- Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) punya trik khusus untuk menarik minat wisatawan ke daerahnya.
    Setiap bulan, pemerintah desa bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Dinas Pariwisata Minut melaksanakan pagelaran seni dan budaya.

    “Pemerintah daerah memberikan apreasi terhadap pemerintah Desa Sawangan yang sudah melaksanakan kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap bulan. Ini ide yang sangat baik,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan.
    Pagelaran tersebut dimeriahkan Tari Katrili SD Inpres Sawangan, SDN Sawangan, Kolintang dari Sangar Legacy dan SMP Negeri 3 di Sawangan, Kabasaran dari Wanua Sawangan dan Tanggari.
    “Sosialisasi dan pemeliharaan situs-situs budaya serta event-event budaya di Minut harus dilakukan untuk menunjang program pemkab,“ tambah Luntungan, didampingi Panglima Besar Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Jimmy Malonda.

    Luntungan berharap, Desa Sawangan sebagai desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara, terus mempertahankan potensi pariwisata dan budayanya.
    “Kami akan mempromosikan di setiap travel kegiatan yang dilakukan saat ini,” tukasnya.

    Sementara itu, Hukum Tua (Kumtua) Desa Sawangan Stendry Wangke SH didampingi Sekdes Carles Kaseger mengatakan, kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan, dan menjadi kalender ivent bulanan Desa Sawangan.

    “Dengan harapan, pagelaran ini akan terus menarik perhatian wisatawan, serta menambah hasil BUMDes, karena mereka yang laksanakan,” ujar Wangke.

    Ditambahkan, Ketua Panitia Pengelaran Seni dan Budaya Welly Mantiri, kegiatan ini untuk pelestarian budaya adat khusus Waruga Wanua Sawangan.

    “Dan kegiatan saat ini, dianggarkan lewat BUMDes Sawangan,” kuncinya. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Luntungan Buka Kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya Di Desa Sawangan Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top