• Berita Terbaru

    May 03, 2018

    elnusanews/com May 03, 2018

    Walikota Tomohon Buka Sosialisasi Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam

    TOMOHON, Elnusanews - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak siang tadi, Kamis 3/5/2018 membuka kegiatan sosialisasi pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam, dilaksnakan di Aula Happy Lyste Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon utara.

    Kegiatan digelar oleh Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah selain dihadiri oleh Walikota Tomohon hadir juga perwakilan SKPD Kota Tomohon, para Camat dan Lurah, LSM dan lembaga terkait dalam penanganan bencana.

    Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak dikesempatan itu mengatakan kegiatan ini sangat penting guna menjadikan Kota Tomohon yang siap dengan ancaman bencana jika terjadi tanggap darurat, dimana masyarakat dituntut untuk secara bertahap menjadi masyarakat yang tangguh bencana.

    “Kegiatan ini pun menjadi momentum tepat dan memang sudah seharusnya secara dini dilaksanakan pada semua elemen masyarakat guna terwujudya kota yang tangguh bencana", ujar Eman.

    Dirinya juga mengatakan, Gunung Lokon kapan saja bisa erupsi, untuk itu kami menghimbau masyarakat Kota Tomohon terlebih yang bermukim di sekitaran Gunung Lokon untuk tetap siaga, tanggap akan bencana, agar tidak terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan.

    Diuraikannya juga, sejak 2016, kawasan rawan bencana erupsi Gunung Lokon telah mengalami perubahan yakni Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dari radius 5 km menjadi 6 km, dan KRB II radius 3,5 km menjadi 4 km, sedangkan KRB III radius 2,5 km.

    “Yang harus kita waspadai juga adalah bencana gerakan tanah atau tanah longsor, pihak kami telah memasang berupa peralatan Early Warning Sistem (EWS) yang mendeteksi adanya potensi gerakan tanah, dan saat ini telah dipasang wilayah kelurahan Kayawu sebagai bantuan dari Bandan Nasional Penanggulangan Bencana", jelasnya.

    Oleh sebab itu saya mengajak Marilah kita tetap siaga, terus mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana karena hal ini tentu perlu dukungan dari semua elemen masyarakat.

    Sebelumnya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon Drs Robby Kalangi SH MM menjelaskan maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat dalam upaya antisipasi dan pengurangan resiko bencana alam, serta mempersiapkan terwujudnya Kota tangguh bencana.

    Hadir sebagai narasumber
    Perwira penghubung Kota Tomohon Mayor Infantri Feky Welang, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang diwakili Asisten Umum Setda Kota Tomohon Ir Corry Caroles , mewakili Kapolres Tomohon Kompol Thonny Salawati SH


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Tomohon Buka Sosialisasi Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top