• Berita Terbaru

    August 14, 2019

    elnusanews/com August 14, 2019

    OD-SK Harap Sopir Angkutan Umum Lebih Profesional

    SULUT,Elnusanews - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Provinsi Sulut melakukan pelatihan terhadap para sopir angkutan umum, Selasa (13/8/2019) di salah satu hotel ternama di Kota Manado.

    Pelatihan yang juga dirangkaikan dengan pemilihan
    nama Awak Kendaraan Angkutan Umum Teladan (Abdiyasa Teladan) tingkat Provinsi Sulut itu dibuka oleh Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Asisten I Edison Humiang.

    Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania mengatakan pelatihan ini dilakukan sesuai arahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) untuk mendorong para sopir lebih terangkat derajatnya. Dan, membuat sopir menjadi profesional.

    "Pengemudi itu kan salah satu profesi yang mulia. Sama seperti pilot membawa penumpang, hanya beda di sarana. Jadi, harus disadari juga mereka itu sama dengan profesi lainnya," terang Watania melalui Kepala Seksi Penyediaan Angkutan Jaringan dan Tarif Dishub Sulut Noldy Sulu, kepada wartawan di sela-sela pelatihan.

    Ia pun membeberkan pelatihan yang akan digelar selama empat hari tersebut.

    "Tadi pagi kita sudah menggelar outbond. Ini dilakukan agar para sopir saling kenal satu sama lain, menjalin keakraban," ujarnya.

    Selanjutnya, para sopir dilatih standar pelayanan publik. Yang intinya, bagaimana melayani para konsumen saat berada di dalam angkutan umum.

    "Termasuk cara berpakaian harus sopan, cara berlalulinta yang benar hingga pertolongan terhadap penumpang jika terjadi kecelakaan. Itu semua dilatih," ungkapnya.

    Adapun para peserta pelatihan ini jika lulus akan diikutkan para Abdiyasa Teladan tingkat nasional.

    "Di sini mereka akan mendapatkan semacam sertifikat profesi pengemudi. Nantinya, mereka yang lulus akan diseleksi lagi di tingkat nasional. Ya harapannya semua peserta bisa lulus," tukasnya.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK Harap Sopir Angkutan Umum Lebih Profesional Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top