• Berita Terbaru

    January 03, 2020

    elnusanews/com , January 03, 2020

    Pemprov Sulut Sukses Gelar North Sulawesi Christmas Festival (NSCF) 2019


    SULUT,Elnusanews - Event yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ini berhasil meramaikan dan juga memberi makna Natal di Sulawesi Utara. Tema Kegiatan ini ialah ‘Jadilah Terang’ dengan Sub-Tema L.I.G.H.T  (Love-Integrity-Grace-Hope-Tolerance). Lima unsur postitif dalam kehidupan yang dapat kita aplikasikan jika kita memiliki mindset untuk menjadi terang. Adapun event akbar ini berlangsung dari tanggal 14 – 31 Desember 2019, dan mengambil tempat di beberapa landmark di Manado.

    Rangkaian kegiatan dimulai dengan Santa Fun Run pada tanggal 14. Acara dimulai pukul 05:30, Start dari Best Western Hotel dan Finish di Area Parikiran Bank SulutGo Marina Plaza. Santa Fun Run adalah lomba lari yang menitikberatkan pada kreatifitas kostum peserta, sehingga untuk mendapatkan juara peserta harus memakai kostum tema santa sekreatif mungkin dan harus masuk Finish. Selain lomba lari ada juga hiburan yang disajikan seperti Band dan Zumba. Ada juga doorprize dengan hadiah menarik yang disediakan oleh Bank SulutGo
    Lanjut ke tanggal 16, NSCF 2019 resmi dibuka.

    Opening Ceremony dilaksanakan di Area Pohon Kasih Megamas dan dibuka untuk umum. Hal yang diutamakan malam itu ialah Toleransi dan Keberagaman. Toleransi terpancar dari pembukaan doa yang diwakili oleh 6 Agama (Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu) dan Keberagaman ada dalam bentuk Kolosal, yang menghadirkan 9 talenta local Sulawesi Utara (Tarian Santa Anak, Marching Band, Kabasaran, Choir, Duet, Tari Zaman, Tari Bali, Barongsai, dan HipHop Dance) yang berkolaborasi bersama di satu panggung.

    Acara pun Secara resmi dibuka oleh Ketua Umum Panitia, Bung Rio Dondokambey bersama dengan segenap panitia yang hadir. Rangkaian Opening Ceremony ditutup dengan penampilan dari NDC Worship. Alunan penyembahan terdengar merdu dari Area Pohon Kasih Megamas. Tak Kurang dari 15,000 warga Sulut hadir meramaikan Opening Ceremony NSCF 2019

    Selanjutnya, di akhir pekan tanggal 21 Desember, diselenggarakan 4 lomba yang diikuti puluhan peserta di setiap kategori lomba dengan total hadiah puluhan juta setiap lombanya. Adapun lomba yang diselenggarakan ialah, Musik Bambu, Kolintang, Band dan Masamper. Kombinasi Seni Tradisional dan Modern. Dari acara ini didapat 12 pemenang yang tentu saja telah memberikan penampilan terbaiknya dan berhak membawa pulang hadiah yang diserahkan tanggal 23 di International Concert.
    Kita tiba di tanggal 23 Desember, dalam International Christmas Concert. Acara yang paling ditunggu oleh masyarakat Sulawesi Utara. Terbukti dengan engagement media social yang begitu besar untuk kegiatan ini.
    Acara diawali dengan doa buka dan laporan panitia. Rio Dondokambey selaku Ketua Umum Panitia NSCF 2019 membawa laporan panita. Acara telah berlangsung dari 14 Desember 2019, dan sukses tanpa kendala yang berarti, ungkapnya. Acarapun dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba kepada para pemenang. Adapun lomba yang diselenggarakan ialah Santa Fun Run 5K, Parade Santa & Christmas Carnaval Parade Kendaraan Hias, Choir, Lomba Musik Bambu, Lomba Kolintang, Lomba Band, dan Lomba Masamper. Hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Umum Panitia Rio Dondokambey, Wakil Ketua Panitia Erlando Silangen, dan Kevin Lotulong.

    Acara yang dinanti pun tiba, Anneth Idol Junior tampil membuka rangkaian konser di malam itu, menyanyikan lagu bertajuk natal, suara indahnya berhasil membuat orang ikut bernyanyi dan lebih merasakan makna Natal didalam setiap alunan yang disajikan.

    Semakin Malam Semakin Ramai, seakan telah mengetahui acara selanjutnya, para penonton sudah histeris dan semangat saat MC mengumumkan penampil selanjutnya. Dan benar saja, Agnez Mo pun tampil dan menyapa seluruh yang hadir di NSCF 2019 Christmas Concert. Perform Agnes sendiri berlangsung selama 90 menit, dengan performance lagu rohani Natal, dan tentu saja Hits terbaik seperti na na na, dan Coke Bottle.

    Acara pun ditutup dengan foto bersama jajaran pemerintah Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambey dan ibu, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan ibu, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen dan ibu, Panitia, dan Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara bersama Agnez Mo. Lalu diikuti oleh Sambutan Gubernur, Olly Dondokambey, SE. Tak banyak yang disampaikan Gubernur, hanya lebih ke menyapa audience yang memadati venue. “Mari kita jadikan ini sebagai event tahunan, Tahun depan kita buat lagi acara ini dengan tajuk yang sama, Sulut Hebat, pungkasnya.

    Selanjutnya di tanggal 27 Desember, acara dengan tajuk Kawanua Pulang Kampung,diselenggarakan. Kegiatan ini berfokus pada Sosial dan Budaya. Terlihat dari poin acara yang didalamnya ada kegiatan Donor Darah, Peragaan Busana Batik, dan Penampilan Tim Kesenian. Event mengambil tempat di parkiran depan Mantos 1 dan dihadiri oleh orang Sulut yang tinggal di luar daerah.

    Masuk ke acara terakhir dari kegiatan NSCF 2019, New Year Countdown. 31 Desember di Area Pohon Kasih Megamas. Acara ini dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara & Forkopimda, Panitia North Sulawesi Christmas Festival 2019, Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara, Sponsor Kegiatan, dan Para Tamu VIP lainnya.
    Acara dimuali pukul 21:30 dengan penampilan The Major Band. Selain The Major talent local Sulut yang terlibat ialah, Gema Sangkakala Choir, Stevy Gomes, dan Tim Kesenian Sulut. Momen yang indah terjadi setengah jam menuju pergantian tahun. Diawali dengan doa 6 Agama yang menjadi tanda persatuan di dalam keberagaman. Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE. Dalam sambutannya, Gubernur berterima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam menyukseskan acara NSCF 2019, mengingatkan kembali tentang pesan ‘Jadilah Terang’ kepada seluruh Masyarakat Sulawesi Utara, dan beliau juga berharap acara ini bisa diulang keberhasilannya di tahun 2020.
    5 menit menuju pergantian tahun, Gubernur bersama Wakil Gubernur dan jajaran Forkopimda yang hadir bersama Panitia melakukan Year-End Toast sebagai tanda persatuan untuk membuka Tahun yang Baru.
    Kembang Api menjadi penutup kegiatan Ceremonial pergantian tahun, sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan North Sulawesi Christmas Festival 2019.

    Demikianlah Laporan kegiatan North Sulawesi Christmas Festival 2019. Kami PT Multi Muda Mandiri, dalam Hal ini Plus One Indonesia, selaku Event Organizer kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara, Panitia NSCF 2019, DPD KNPI Sulut, Bank SulutGo, serta seluruh unsur yang terlibat menyukseskan kegiatan ini.
    Kiranya hasil kerja kami turut mengangkat Nama Sulawesi Utara sebagai kota yang toleran dan penuh kasih. Mewakili Seluruh Vendor, Talent, dan Crew yang terlibat, Kami Plus One Indonesia mengucapkan Terima Kasih, Sampai Berjumpa di Event Selanjutnya.

    (***/roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemprov Sulut Sukses Gelar North Sulawesi Christmas Festival (NSCF) 2019 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top