• Berita Terbaru

    January 13, 2020

    elnusanews/com January 13, 2020

    Pemprov Sulut Turunkan Sejumlah Alat Berat Angkat Eceng Gondok

    MINAHASA, Elnusanews - Sebanyak delapan alat berat diturunkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mengangkat gulma eceng gondok yang selama ini berada di Danau Tondano.

    Hal tersebut dikatakan oleh kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut Adolf Harry Tamengkel pada media ini di lokasi danau Tondano, Jumat 10/1/2020.

    “Total ada delapan alat yaitu lima eksavator ditambah satu watermaster dan dua kapal pengangkat eceng gondok," jelasnya.

    Tentunya, kata dia, hal Ini bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Sulut melalui Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk terus membantu pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Royke O Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey dalam menangani permasalahan danau tondano khusunya gulma eceng gondok.

    Lebih lanjut dikatakanya dengan keberadaan kedelapan alat ini, Tamengkel optimis permasalahan eceng gondok di danau Tondano akan tuntas tahun ini.

    "Melihat cara kerja alat yang setiap hari akan bekerja mengangkat eceng gondok, kita optimis tahun ini eceng gondok bersih dari danau Tondano," ketusnya.

    Lanjut dia, meski kewenangan penanganan danau ada pada Balai Sungai Wilayah I Sulut, namun sinergitas tetap dibutuhkan dalam menangani eceng gondok ini.

    "Meski eceng gondok telah tertangani kita tidak akan berhenti, melainkan terus melakukan usaha agar eceng gondok tidak tumbuh lagi, sehingga danau Tondano benar-benar lestari," pungkasnya.

    Sebab, lanjut dia, selaian penyalur energi, danau ini juga berfungsi mendinginkan gunung-gunung berapi yang ada di Sulut.

    (Jonly bamz
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemprov Sulut Turunkan Sejumlah Alat Berat Angkat Eceng Gondok Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top