• Berita Terbaru

    March 07, 2018

    Raka Kasim March 07, 2018

    Jadi Panelis Di Talk Show Legislativ Expo 2018, Tumbelaka Nilai Kinerja DPRD Sulut Hanya 10 Persen Memenuhi Syarat


    MANADO,Elnusanews – Pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka, menilai kinerja para anggota DPRD baik di provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) masih belum bisa memuaskan hati para masyarakat.

    Penilaian Tumbelaka tersebut disampaikannya saat menjadi panelis dalam kegiatan Legislative Expo 2018 SulutGo, Selasa (7/03) kemarin, yang digelar di Mantos III Kota Manado.

    “Berdasarkan hasil kajian saya yang dikumpul dari para wartawan yang pos di DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota, kinerja para wakil rakyat tersebut belum memuaskan sebagaimana keinginan masyarakat,” ungkap Tumbelaka.

    Pendiri Tumbelaka Academic Center ini juga mencontohkan seperti lembaga DPRD Sulut yang belum sepenuhnya memperjuangkan aspirasi yang disampaiakn oleh masyarakat sulut.

    “DPRD Sulut cuma 10 persen kinerja yang memenuhi syarat. Aspirasi rakyat diserap namun sejauh mana diperjuangkan dengan sungguh-sungguh, termasuk dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan produk Perda yang akan diterbitkan,” ujar Taufik.

    Tak hanya dari segi penyerapan dan realisasi aspirasi, Tumbelaka juga menyoroti perihal perjalanan dinas serta jam masuk kantor yang sosialisasi dan capaiannya sudah sejauh mana.

    "“Para wakil rakyat sering tidak ada di kantor padahal waktu kerja mereka delapan (8) jam, dari pukul O8.00 hingga 17.00. Lalu ada dimana ? Laporan kegiatannya mana ? Tindak lanjut dari hasil RDP mana ?,” tanya Taufik.

    Dirinya pula memberikan saran agar para wakil rakyat yang sudah dipilih oleh para konstituennya benar-benar memiliki beberapa aspek seperti, aspek Kepekaan, Kepedulian dan keberanian.


    Talk Show dengan tema “Wakil rakyat yang merakyat” yang dimoderatori oleh Jhony dihadiri mahasiswa dari Fisipol Unsrat dan De La Salle tersebut, para wakil rakyat dari Kabupaten/Kota yang ada di Sulut membagikan suka-duka selama menjadi penyambung lidah rakyat.

    Disisi lain, Pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Berty Kapojos menegaskan lembaga yang dipimpinnya akan tegas menindak para wakil rakyat yang melakukan perbuatan di luar moral termasuk terlibat narkoba.

    “Tidak hanya di lembaga DPRD, hingga sekolah kami tegaskan menolak narkoba,” tandas Kapojos. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jadi Panelis Di Talk Show Legislativ Expo 2018, Tumbelaka Nilai Kinerja DPRD Sulut Hanya 10 Persen Memenuhi Syarat Rating: 5 Reviewed By: Raka Kasim
    Scroll to Top